PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII A DI MTs NEGERI 5 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Siti Muzaro'ah MTs Negeri 5 Demak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.4033

Keywords:

Diskusi Kelompok, pendekatan scientific, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw

Abstract

Pembelajaran yang ada pada mata pelajaran PPKn Kelas VII A MTs Negeri 5 Demak cenderung
menggunakan metode ceramah. Guru mata pelajaran merasa prihatin dengan latar belakang yang
dimiliki dari setiap peserta didik. seperti kurang aktif dalam diskusi, mencemooh ketika ada teman
yang menyampaikan pendapat dalam diskusi kelompok. Peserta didik mempunyai kesempatan
untuk saling berinteraksi dan bertukar pikiran dalam kelompok. Tujuan dalam penelitian ini
adalah mengetahui pelaksanaan pembelajaran melalui pendekatan scientific dengan model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran PPKn kelas VII A di MTs Negeri 5
Demak Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah best practice tentang pelaksanaan
pembelajaran melalui pendekatan scientific dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
pada mata pelajaran PPKn kelas VII A di MTs Negeri 5 Demak Tahun Pelajaran 2021/2022.
Hasil penelitian ini adalah Proses pembelajaran mata pelajaran PPKn yang dilakukan melalui
pendekatan scientific dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berlangsung aktif.
Peserta didik percaya pada guru dan lebih percaya pada kemampuan sendiri untuk
berpikir,mencari informasi dari sumber lain, serta dapat belajar dari peserta didik
lain.,mendorong peserts didik untuk mengungkapkan idenya secara verbal dan membandingkan
ide dengan temannya.

Downloads

Published

2022-07-29

How to Cite

Muzaro'ah, S. (2022). PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII A DI MTs NEGERI 5 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 350–353. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.4033

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.