PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 SEWON TAHUN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2194Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok
terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas VIII di SMP N 3 Sewon tahun 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII di SMP N 3 Sewon tahun 2019/2020,
populasi sebanyak 128 siswa, dan pengambilan sampel dengan quota random sample
sebesar 25% dengan jumlah 32 siswa, teknik pengumpulan data dengan angket yang
divalidasi dengan validitas konstruksi teori dan analisis data menggunakan analisis
statistik dengan rumus regresi sederhana. Hasil penelitian, ada pengaruh positif layanan
bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas VIII di SMP N 3 Sewon.
Dibuktikan dengan hasil analisis data koefisien variabel sebesar 0,570 dengan taraf
signifikasi 0,000. Artinya layanan bimbingan kelompok berpengaruh positif terhadap
kedisiplinan belajar siswa. Semakin intensif pemberian layanan bimbingan kelompok
maka semakin tinggi tingkat kedisiplinan belajar siswa.
Kata Kunci : Layanan bimbingan kelompok. Kedisiplinan belajar siswa
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.