PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 SEWON TAHUN 2019/2020

Penulis

  • Retno Supeni Pangestuti Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Nur Wahyumiani Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2194

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok
terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas VIII di SMP N 3 Sewon tahun 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII di SMP N 3 Sewon tahun 2019/2020,
populasi sebanyak 128 siswa, dan pengambilan sampel dengan quota random sample
sebesar 25% dengan jumlah 32 siswa, teknik pengumpulan data dengan angket yang
divalidasi dengan validitas konstruksi teori dan analisis data menggunakan analisis
statistik dengan rumus regresi sederhana. Hasil penelitian, ada pengaruh positif layanan
bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas VIII di SMP N 3 Sewon.
Dibuktikan dengan hasil analisis data koefisien variabel sebesar 0,570 dengan taraf
signifikasi 0,000. Artinya layanan bimbingan kelompok berpengaruh positif terhadap
kedisiplinan belajar siswa. Semakin intensif pemberian layanan bimbingan kelompok
maka semakin tinggi tingkat kedisiplinan belajar siswa.
Kata Kunci : Layanan bimbingan kelompok. Kedisiplinan belajar siswa

Diterbitkan

2021-12-30

Cara Mengutip

Pangestuti, R. S., & Wahyumiani, N. (2021). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 SEWON TAHUN 2019/2020. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 145–150. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2194

Citation Check