Cognitive Behaviour Therapy untuk Mereduksi Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa: Naratif Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5968Abstrak
Kemampuan berbicara di depan umum adalah keterampilan penting bagi mahasiswa, namun hal ini seringkali menimbulkan kecemasan dan tantangan bagi mereka. Kecemasan berbicara di depan umum tidak bisa dianggap wajar jika terjadi terus menerus dan berlebihan. Maka perlu dilakukan intervensi agar dapat mengurangi kecemasan yang dialami. Salah satu teknik yang dibuktikan efektif mereduksi kecemasan berbicara di depan umum adalah Cognitive Behaviour Therapy (CBT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengintegrasikan temuan kunci dari berbagai sumber literatur tentang intervensi kecemasan berbicara dengan menggunakan CBT. Motode penelitian ini adalah penelitian narrative literature review. Topik penelitian yang dibahas berupa CBT untuk mereduksi kecemasan mahasiswa berbicara di depan umum. Berdasarkan berbagai penelitian dapat disimpulkan bahwa CBT efektif untuk mereduksi kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa.
Kata kunci: cognitive behaviour therapy, kecemasan, mahasiswa
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Lilis, Herdi, Happy Karlina Marjo
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.