PENGARUH SELF DETERMINATION DAN PRESTASI AKADEMIK TERHADAP KEMATANGAN KARIER SISWA MA NU NURUL HUDA

Authors

  • Hanina Yaumil Fitri Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sinta Saraswati Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i2.1570

Keywords:

Self determination, prestasi akademik, kematangan karier

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh self determination dan prestasi akademik terhadap kematangan karier siswa di MA NU Nurul Huda Kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara self determination dan prestasi akademik terhadap kematangan karier siswa MA NU Nurul Huda Kota Semarang dengan sampel sebanyak 169 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis ex-post facto. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa siswa MA NU Nurul Huda Kota Semarang memiliki tingkat self determination sedang  (M = 73,13), tingkat prestasi akademik tinggi (M = 80,85), dan tingkat kematangan karier sedang (M = 144,75). Hasil analisis regresi berganda untuk pengaruh self determination terhadap kematangan karier didapatkan hasil signifikan (β = 1,367; t = 10,660; Sig. = 0,000), pengaruh prestasi akademik terhadap kematangan karier tidak signifikan (β = -0,389; t = -0,837; Sig. = 0,404), dan pengaruh self determination dan prestasi akademik secara simultan terhadap kematangan karier signifikan (R = 0,638; R2 =0,407; F= 57,020; Sig. = 0,000). Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan guru BK dapat memeberikan pelayanan Bimbingan dan Konseling baik secara individu atau kelompok untuk meningkatkan kematangan karier dan self determination siswa dan untuk mempertahankan tingkat prestasi akademik siswa.

Downloads

Published

2021-06-28

How to Cite

Fitri, H. Y., & Saraswati, S. (2021). PENGARUH SELF DETERMINATION DAN PRESTASI AKADEMIK TERHADAP KEMATANGAN KARIER SISWA MA NU NURUL HUDA. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 247–257. https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i2.1570

Citation Check