HUBUNGAN MANAJEMEN STRESS DENGAN KONTROL DIRI PADA SISWA KELAS X KECANTIKAN SMK

Penulis

  • Melisa Dhina Amalia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Nur Wahyumiani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3471

Kata Kunci:

Manajemen stress, kontrol diri.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan manajemen stress dengan kontrol diri siswa Kelas X Kecantikan SMK N 6 Yogyakarta Tahun Ajaran 2020/2021. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas X Kecantikan SMK N 6 Yogyakarta Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik dengan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara manajemen stress dengan kontrol diri siswa Kelas X Kecantikan SMK N 6 Yogyakarta Tahun Ajaran 2020/2021 dengan diketahui nilai rhitung sebesar 0,447 dengan p = 0,007 lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%). Dengan demikian semakin baik manajemen stress pada siswa maka semakin baik kontrol diri siswa, sebaliknya semakin kurang manajemen stress pada siswa maka semakin kurang baik kontrol diri siswa.

 

Referensi

Aroma, Iga S. &Suminar, Dewi R (2012). Hubungan antara kontrol diri dengan kecenderungan perilaku kenakalan remaja. Jurnal psikologi dan perkembangan Vol.1 No.02 hal 1-6.

Dwiyono. (2005). Manajemen Stres dan Implikasinya Terhadap Kesehatan Mental.Skripsi. UIN-SUKA.

Farid Mashudi. (2012). Psikologi Konseling. Yogyakarta: IRCiSoD

Ghufron, Nur dan Risnawita, R. (2014). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rita Eka Izzaty, dkk. (2008).Perkembangan Peserta Didik. Yogykarta: UNY Press.

Sanapiah Faisal. 2003. Format-format Penelitian Sosial. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Maulana. 2017. “Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Manajemen Stress Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Sewonâ€

Santrock, John W. (2003). Adolesence perkembangan remaja. (Terjemahan Shinto B. Adelar dan Sherly Saragih). Jakarta: Erlangga

Sriyanti, Lilik. (2013). Pembentukan self control dalam perspektif nilai multikultural. Naskah Publikasi. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga, Salatiga.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi ( Mixed Methods ). Bandung: Alfabeta.

Sutrisno Hadi. 2001. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Ursia, N. Regar, Saputram, Ide B., dan Sutanto, Nadia. (2013). Prokrastinasi akademik dan self control pada mahasiswa skripsi fakultas psikologi universitas surabaya. Jurnal Makara Seri Sosial Humaniora 17(1) Tahun 2013. Hal 1-18

Yunita Imaningsih. (2009). Pengembangan Skala Stres Untuk Siswa di SMA Negeri 1 Kretek Wonosobo. Skripsi.FIP-UNY.

Zainal Mustafa. 2000. Microstat untuk Mengolah Data Statistik.Yogyakarta: Andi Offset.

Diterbitkan

2022-07-27

Cara Mengutip

Amalia, M. D., & Wahyumiani, N. (2022). HUBUNGAN MANAJEMEN STRESS DENGAN KONTROL DIRI PADA SISWA KELAS X KECANTIKAN SMK. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 318–324. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3471

Citation Check

Artikel Serupa

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.