Arsip
-
Pendidikan untuk Masa Depan Berkelanjutan (Education for a Sustainable Future)
Vol 20 No 2 (2025)Edisi ini menampilkan hasil penelitian dan kajian ilmiah yang berfokus pada dinamika pendidikan, sosial, dan budaya di masyarakat Indonesia. Artikel-artikel yang diterbitkan membahas berbagai isu seperti sistem sosial, inovasi pembelajaran berbasis Merdeka Belajar, kearifan lokal sebagai sumber nilai karakter, serta modernisasi tradisi dan potensi lokal menuju pembangunan berkelanjutan. Terbitan ini mencerminkan upaya integratif antara pendidikan, budaya, dan pembangunan sosial yang berorientasi pada penguatan karakter, pelestarian nilai-nilai lokal, serta kemajuan masyarakat di era global.
-
Implementation of Deep Learning Approach (Meaningfull, Joyfull, Mindfull Learning) in Social Studies Learning
Vol 20 No 1 (2025)Pemerintah melalui Menteri Pendidikan merencanakan sebuah grand design pendekatan dalam proses pembelajaran dengan tujuan agar pembelajaran tersebut lebih bermakna. Pendekatan ini disebut sebagai deep learning ful-ful (mindful, meaningful, joyful). Artinya, pendekatan ini diharapkan mampu menjadi pembelajaran mendalam sehingga para peserta didik dapat memberikan perhatian penuh dan lebih bermakna. Meski demikian, pembelajaran ini diharapkan tetap dibawakan secara lebih menyenangkan. Masing-masing elemen (mindful, meaningful, joyful) dirancang untuk menciptakan suasana belajar yang tidak hanya mengedepankan pengetahuan, tetapi juga pengalaman bermakna bagi para peserta didik. Maka dari itu Jurnal Sosialita mengundang para akademisi, guru, pemerhati pendidikan, dan khalayak umum yang memiliki kepedulian dalam pendidikan untuk mengirimkan artikelnya di Jurnal Sosialita pada Volume. 20, No. 1 Februari 2025.
-
JURNAL SOSIALITA
Vol 16 No 2 (2021) -
JURNAL SOSIALITA
Vol 15 No 1 (2021) -
JURNAL SOSIALITA
Vol 14 No 2 (2020) -
JURNAL SOSIALITA
Vol 13 No 1 (2020) -
Jurnal Sosialita
Vol 11 No 1 (2019) -
JURNAL SOSIALITA
Vol 8 No 2 (2016)Sosialita Mempublikasikan tulisan ilmiah dari hasil penelitian dalam lingkup dan pendidikan Ilmu Sosial yang memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan serta aplikasinya terhadap pendidikan di Indonesia







