HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PADA SISWA DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN SAAT MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Fauzan Adhiman Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Heru Mugiarso Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i2.1571

Keywords:

Penyesuaian diri, resiliensi akademik, pandemi Covid-19

Abstract

Coronavirus menjadi momok yang menakutkan bagi semua kalangan menjadikan semua aspek kehidupan menjadi berbeda dari sebelumnya. Fenomena ini menuntut semua aktifitas manusia untuk mampu beradaptasi terkhusus dalam ranah pendidikan untuk melanjutkan kegiatan pembelajarannya. Dalam kajian yang dilakukan Nurkholis (2020) menjelaskan dampak dari kondisi pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 bahwa dampak psikologis yang terjadi seperti kecemasan atau ketakutan yang berlebihan sehingga mengalami perasaan tertekan, stress dan cemas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubunya penyesuaian diri terhadap resiliesni akademik pada siswa dalam menghadapi pembelajraan saat masa pandemi covid-19. Penelitian ini berjenis kuantitatif korelasional. Penelitian ini memiliki populasi 767 dalam rinciannya peneliti mengambil seluruh siswa SMA Institut Indonesia yang terdiri dari kelas X, XI, XII. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah sampelnya yaitu sebanyak 238 responden. Berdasarkan hasil analisis korelasi antara penyesuaian diri terhadap resiliensi akademik didapatkan hasil yaitu nilai r sebesar 0,634 dengan p = 0,000 (p < 0,05), hasil ini mengartikan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara. penyesuaian diri terhadap resiliensi akademik.

Downloads

Published

2021-06-28

How to Cite

Adhiman, F., & Mugiarso, H. (2021). HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PADA SISWA DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN SAAT MASA PANDEMI COVID 19. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 258–264. https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i2.1571

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.