HUBUNGAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 01 KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3467Keywords:
Efikasi Diri, Komunikasi InterpersonalAbstract
Penelitian hubungan efikasi diri terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VII SMP Negeri 01 Ketanggungan Kabupaten Brebes ini di latar belakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami masalah rendahnya efikasi diri dan kemampuan komunikasi interpersonal siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 01 Ketanggungan Kabupaten Brebes dengan jumlah 124 siswa. Kelas VII B adalah kelas yang dipergunakan untuk tryout. Sampel dalam penelitian ini yaitu 92 siswa kelas VII SMP Negeri 01 Ketanggungan Kabupaten Brebes yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Alat pengumpulan data yang dipergunakan adalah skala efikasi diri dan komunikasi interpersonal. Hasil analisis korelasi antara minat belajar terhadap hasil belajar memperoleh koefisien korelasi (rxy)  sebesar ) 0,743 apabila dicocokan dengan tabel interprestasi menunjukan memiliki tingkat hubungan yang kuat. Besar sumbangan variabel efikasi diri memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap komunikasi interpersonal sebesar yaitu 55% dan sisanya ditentukan oleh variabel lain. Hasil uji signifikan Berdasarkan perhitungan ɑ = 0,05 dan n = 92. Uji dua pihak: dk = n-2 = 92 – 2 = 90. Sehinggan ttabel = 1,987 Ternyata thitung ≥ ttabel atau 15,754 ≥ 1,987 maka maka artinya terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan komunikasi interpersonal siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini saran bagi guru bk hendaknya dapat meningkatkan dan memanfaatkan kegiatan dengan berbagai layanan dan metode yang ada dalam bimbingan dan konseling untuk membantu siswa dalam efikasi diri dan kemampuan komunikasi interpersonal.
References
A.Supratiknya. 1995. Tinjauan Psikologi Komunikasi Antar Pribadi. Yogyakarta: Kanisius (Anggota IKAPI).
Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, Anita Dewi, dkk. 2013. Model Layanan BK Kelompok Teknik Permainan (Games) Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Vol. 2 No. 1
Astuti, B., & Pratama, A. 2020. Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Keterampilan Komunikasi Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 151.
AW, Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Azwar, Saifuddin. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
—. 2012. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DeVito, Joseph. 2010. Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.
Feist, Jess Feist. 2010. Teori Kepribadian, Theories of Personality. Jakarta: Salemba Humanika.
Ghufron, M, and N.R Risnawati. 2014. Teori - Teori Psikologi. Yogyakarta: Aruzz Media.
Gufron, M.Nur. 2017. Penyesuaian Akademik Tahun Pertama Ditinjau Dari Efikasi Diri Mahasiswa. 73.
Handini, O., & Soekirno, S. 2019. Hubungan Efikasi Diri (Self Efficacy) Dan Pengembangan Diri Terhadap Komunikasi Antar Pribadi (Penelitian Pada Guru Sekolah Dasar Gugus IX Kota Surakarta). Research Fair 2019 , 140-141.
Harapan, Edi. 2014. Komunikasi AntarPribadi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hidayat, Dasrun. 2012. Komunikasi Antarpribadi dan Medianya:Fakta Penelitian Fenomenologi Orang Tua Karir dan Anak Remaja. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hidayat, Dede Rahmat. 2011. Psikologi Kepribadian dalam Konseling.Ghalia Indonesia 157.
Hidayat, R. 2017. Peningkatan Aktivitas Komunikasi Interpersonal Dalam Organisasi Melalui Perbaikan Efikasi Diri, Kepemimpinan Dan Kekohesifan Tim. Jurnal Manajemen Pendidikan FKIP Universitas Kristen Satya Wacana , 166.
Muhidin, Ali. 2011. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.
Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurlaila, Siti. 2011. Pelatihan Efikasi Diri Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Siswa-Siswi Yang Akan Menghadapi Ujian Akhir Nasional. Guidena 6.
Nursafitri R, Setiawati D. 2013. Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Membantu Meningkatkan Kemampuan Hubungan Interpersonal Siswa.Jurnal BK UNNESA 239.
Patriana, Eva. 2014. Komunikasi Interpersonal yang berlangsung Antara Pembimbing Kemasyarakatan dan Keluarga Anak Pelaku Pidana Di Bapas Surakarta.
Permana, Hara, Farida Harahap, and Budi Astuti. 2016. Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas IX Di MTS Al Hikmah Brebes. Jurnal Hisbah 55.
Prabadewi, K.D. 2014. Hubungan Konsep Diri Akademik dengan Motivasi Berprestasi pada Remaja Awal yang Tinggal di Panti Asuhan di Denpasar. Jurnal Psikolog Udayana 262.
Pratiwi, Srie Wahyuni, Dina Sukma. 2013. Komunikasi Interpersonal Antar Siswa Di Sekolah Dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol. 2 No. 1
Rakhmat, Jalaludin. 2013. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Ramadanty, Sari. 2014. Penggunaan komunikasi fatis dalam pengelolaan hubungan. Jurnal Ilmu Komunikasi 1.
Riduwan. 2014. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rosyadah, H., & Supriyo. 2014. Hubungan Antara Self-Efficacy dan Kohesivitas Dengan Komunikasi Antarpribadi. 59.
Siti, Hartinah. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
—. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
—. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widjaja, A.W. 2002. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara.
—. 2008. Komunikasi: Komunikasi & Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara.
Yusuf, Syamsu, and Juntika Nurihsan. 2011. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
—. 2011. Teori Kepribadi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.