LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI SMA N 1 MOGA

Penulis

  • Adhelia Yusi Novanti Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Dini Rakhmawati Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Farikha Wahyu Lestari Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2184

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perencanaan karir siswa SMA. Banyak
siswa yang memiliki keraguan dan kebingungan untuk menentukkan cita-cita atau
merencanakan karirnya di masa depan. hal ini dikarenakan siswa belum memahami
kemampuan diri sendiri yang dimiliki. Serta kurangnya informasi dan pengetahuan
tentang perguruan tinggi, sedangkan untuk memutuskan karir siswa perlu adanya
keseimbangan antara potensi yang dimiliki dengan cita-cita yang diinginkan. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan
teknik modelling untuk meningkatkan perencanaan karir siswa. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada
pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling terhadap perencanaan
karir siswa. Metode penelitian ini adalah kuantitatif, dengan desain true eksperimental
pretest-postest control group design.
Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Modelling, Perencanaan Karir

Diterbitkan

2021-12-30

Cara Mengutip

Novanti, A. Y., Rakhmawati, D., & Lestari, F. W. (2021). LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI SMA N 1 MOGA. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 63–68. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2184

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama