HUBUNGAN RELIGIUSITAS DENGAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Penulis

  • Indah Luthfiana Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Dini Rakhmawati Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Padmi Dhyah Yulianti Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3460

Kata Kunci:

Religiusitas, Perilaku Menyontek

Abstrak

Penelitian hubungan religiusitas dengan perilaku menyontek pada siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas PGRI Semarang ini dilator belakangi oleh fenomena bahwa siswa ternyata tidak lepas dari perilaku menyontek. Hasil Analisis Angket Kebutuhan Peserta Didik menunjukkan rendahnya tingkat religiusitas siswa dan tingginya tingkat perilaku menyontek. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasi dengan metode survey. Populasi data penelitian sejumlah 96 siswa, meliputi kelas X MIPA 1, X MIPA 2, X IPS 1 dan X IPS 2. Sampel penelitian ini sejumlah 77 siswa yang diambil dengan teknik simple random samping. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala religiusitas dan skala perilaku menyontek. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara religiusitas dengan perilaku menyontek siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas PGRI Semarang. Artinya semakin tinggi tingkat religiusitas siswa semakin rendah tingkat perilaku menyontek siswa.

 

Kata Kunci : Religiusitas, Perilaku Menyontek

Referensi

Amelia, S. H., Tanjung, Z., Riyant, E., & Azizi, R. (2016). Perilaku Menyontek dan Penanggulangannya. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 1, 1–9.

Andiwatir, A., & Khakim, A. (2019). Analisis Perilaku Menyontek dan Rancangan Perubahannya pada Siswa SMP ( Analysis of Cheating Behavior and Change Design in Junior High School Students ). INTUISI JURNAL PSIKOLOGI ILMIAH, 11(2), 88–97.

Apsari, B. S., Adi, W., & Octaria, D. (2014). Pengaruh Efikasi Diri, Pemanfaatan Gaya Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi ( Studi Kasus Di Smk Negeri 1 Surakarta ). JUPE UNS, 3(1), 91–103.

Desi, D., Elvinawanty, R., & Marpaung, W. (2018). Perilaku Menyontek Ditinjau dari Locus of Control pada Pelajar SMA. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 2(1), 11–26. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v2i1.1137

Fitriani, A. (2016). Peran Religiusitas Dalam Meningkatkan Psychological Well Being. 11(1), 1–24.

Hamidayati, & Hidayat, S. (2020). Fenomena Perilaku Mencontek pada Siswa di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 7(4), 175–185.

Hartanto, D. (2012). Bimbingan Konseling Menyontek Mengungkap Akar Masalah dan Solusinya (1st ed.). Jakarta : INDEKS.

Hidayat, K. (2020). Hubungan Self Efficacy dan Religiusitas dengan Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa FIP UNNES Tahun 2020. In Universitas Negeri Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Kusdiana, E., Djalali, M. A., & Farid, M. (2018). Percaya Diri , Religiusitas dan Perilaku Menyontek. Jurnal Konseling Indonesia, 3(2), 37–41.

Meiranti, E. (2020). Hubungan antara kecerdasan spiritual dengan resiliensi akademik siswa smk di semarang utara. Universitas Negeri Semarang.

Nadzir, A. I., & Wulandari, N. W. (2013). Hubungan Religiusitas Dengan Penyesuaian Diri Siswa Pondok Pesantren. JURNAL PSIKOLOGI TABULARASA, 8(2), 698–707.

Nuandri, V. T. (2014). Hubungan Antara Sikap terhadap Religiusitas dengan Sikap terhadap Kecenderungan Perilaku Seks Pranikah pada Remaja Akhir yang Sedang Berpacaran di Universitas Airlangga Surabaya. 3(2), 60–69.

Pitaloka, D., Supardi, & Hartini, T. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Talking Chips Mengurangi Perilaku Menyontek Siswa Smp Negeri 2 Ungaran. Jurnal Bimbimbingn Dan Konseling Ar-Rahman, 5(1), 56–65.

Priaswandy, G. (2015). Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Pleret Bantul Yogyakarta (Issue April). Universitas Negeri Yogyakarta.

Riduwan. (2014). Dasar-Dasar Statistika (M. P. Dr. Prana Dwija Iswarta (ed.)). ALFABETA.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (2nd ed.). ALFABETA.

Supardi. (2019). Dasar Metodologi Penelitian Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.

T, C. M. H., & Dachmiati, S. (2016). Faktor Pemengaruh Perilaku Siswa Dan Mahasiswa Menyontek. SOSIO-E-KONS, 8(3), 227–233.

Ula, A., & Sholeh, A. (2014). Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Religiusitas Dengan Intensitas Perilaku Menyontek Siswa di Mts Mazra’atul Ulum Paciran-Lamongan. Jurnal Psikoislamika, 11(1), 33–38.

Ulfa, M. (2017). Hubungan Antara Konsep Diri dan Efikasi Diri dengan Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas VIII MTs Se-Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. In Universitas Negeri Semarang. Universitas Negeri Semarang.

UU RI No 20, Pub. L. No. 20, Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum 6 (2003). http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU20-2003-Sisdiknas.doc

Yanuarti, E. (2018). Pengaruh Sikap Religiusitas Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Masyarakat Kabupaten Rejang Lebong. FOKUS : Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 3(1), 23–40.

Diterbitkan

2022-07-27

Cara Mengutip

Luthfiana, I., Rakhmawati, D., & Yulianti, P. D. (2022). HUBUNGAN RELIGIUSITAS DENGAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS PGRI SEMARANG. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 208–219. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3460

Citation Check

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.