HUBUNGAN SELF-EFFICACY DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER SISWA KELAS XI SMA INSTITUT INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3462Kata Kunci:
Self efficacy, Pengambilan Keputusan KarierAbstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Siswa memiki Pengambilan keputusan karier yang rendah? 2) Siswa-siswa belum memiliki rasa percaya dengan keputusan karier dan memiliki perasaan takut apabila karier yang diambinya salah sehingga menimbulkan self-efficacy? 3) Siswa-siswa belum sadar pentingnya hubungan self-efficacy dengan pengambilan keputusan karier? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengambilan Keputusan Karier siswa dan mengetahui siswa yang belum memiliki rasa percaya dengan keputusan karier serta mengetahi hubungan self-efficacy dengan pengambilan keputusan karier. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasi dengan metode ex-post facto. Populasi data penelitian sejumlah 89 siswa, meliputi kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI MIPA 3, XI MIPA 4 dan XI MIPA 5. Sampel uji coba (Try Out) berjumlah 30 Siswa Kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Hasil penelitian setelah uji coba sejumlah 59 siswa yang diambil dengan teknik simple jenuh. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala self-efficay dan yang digunakan adalah skala pengambilan keputusan karier. Hasil analisis angket self-efficacy siswa menunjukan kategori tinggi (79,7%) dengan jumlah frekuensi 47 siswa. Sedangkan siswa lain mempunyai tingkat self-efficacy sangat tinggi (1,7%) dengan jumlah frekuensi 1 siswa. Dan dalam kategori rendah (18,6%) dengan jumlah frekuensi 11 siswa. Kemudian tingkat pengambilan keputusan karier pada kategori sangat rendah dengan frekuensi sebanyak 16 siswa (27,1%) dan sisanya tingkat frekuensi 4 siswa (6,8%). Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa terhadap hubungan positif yang signifikan antara self-efficacy dengan pengambilan keputusan karier siswa kela XI SMA Institut Indonesia. Artinya semakin tinggi tingkat self-efficacy siswa semakin tinggi pengambilan keputusan karier.
Kata Kunci : Self efficacy, Pengambilan Keputusan KarierReferensi
Adang Hambali dan Ujam Jaenudin. (2013). Psikologi Kepribadian Bandung : CV Pustaka Setia
Aji Cokro Dewanto (2018). Efektivitas PPL Untuk meningkatkan Efikasi Diri Mengajar Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiaih Pendidikan Matematika Vol 6 No.1
Alwisol. (2017) Psikologi Kepribadian Malang : Univesritas Muhammadiyah Malang
Anita Zulkaida, Ni Made Taganing Kurniati, Retnaningsih, Hamdi Muluk,Tjut Rifameutia. (2007). Efikasi Diri Terhadap Kematangan Karier Siswa Sekolah Menengah Atas SMA Jurnal Psikologi Vol . 2
Apsari Saraswati, Ika Zenita Ratnaningsih (2016). Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas XI SMK N 11 Semarang. Jurnal Empati agustus 2016 ,volume 5 (3), 430-434
Agus Apriansyah, Hadiwarto, Arsyadani Mishbahuddin (2018). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir Siswa Man 2 Kota Bengkulu . Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu. Volume 1 No 3 Tahun 2018
Cahyaning Suryaningrum (2015). Model Pembelajaran Kognisi Sosial Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Anak Panti Asuhan. Jurnal Psychology Universitas Muhammadiyah Malang
Desmita (2017). Psikologi Perkembangan Peserta didik, Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Dina dan Supriyo (2016). Kontrubusi Minat Jurusan Kualitas Layanan Informasi Karir dan pemahaman karir terhadap kemampuan mengambil karir. Jurnal Bimbingan Konseling
Farida, Teti Sobari, Rima Irmayati (2020). Layanan Bimbingan Karier Terhadap Perencanaan Karier Peserta Didik di SMA. Jurnal Fokus Volume 3 No.5, September
Hartono. (2018). Bimbingan Karier. Jakarta : Prenada Media Group
Indra Bankit Komara. (2016), Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa Jurnam Psikopedagosia Vol 5 , No 1
Lorensia Claudia Charista, Yaris Dwi Tritjahyo (2018). Hubungan Efikasi Diri dengan Kematangan Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol 2 (1) pp.23-29.
Marini, Chomzana Kunta dan Siti Hamidah. (2014 ). Pengaruh Self efficacy lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap minat Berwirausaha Siswa SMK Jasa Boga , Jurnal Pendidikan Vokasi .Vol 4, No 2
Riduwan dan Sunarto.(2007). Pengantar Stastistik Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Komunikasi, dan Bisnis. Bandung : Alfabeta
Rini Astiti dan Wiliam Gunawan (2016). Sumber- Sumber Efikasi Diri Remaja Jurnal Psikogenesis, Volume 4, No 2
Ros Patriani Dewi (2017). Hubungan Efikasi Diri dengan Pengambilan Keputusan Karir Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yograkarta. Jurnal InSight, Vol. 19 No.2, Agustus
Ruth Imelda Kurniasari,Agoes Dariyo & Rita Markus Idulfilastrin(2018). Hubungan Antara Self Efficacy dengan Pengambilan Keputusan Kariern Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi Jurnal An – nafsu Vol .3 No 1 Juni
Sugiyono. (2019) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatifn dan R & D, Bandung : Alfabeta
Shafrilla Anggraini Firdaus,Erin Ratna Kusanti. (2019). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter dengan pengembilan keputusan karier pada siswa Smk Teuku Umar Semarang. Jurnal Empati, Volume 8,Nomor 12
Sunaryo, Yoni. (2017). Pengukuran self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika di MTs N 2 Ciamis. Teorema: Jurnal Teori dan Riset Matematika. Volume 1 No.2 Maret : 39-44.
Supardi. (2019) Dasar Metodologi Penelitian .Semarang : Universitas PGRI Semarang
Syamsu Yusuf , Achmad Jutika Nurihsa dan Rahmat Guswandi , (2011)Teori Kepribadian .Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Yomima Viena ,Sitaniapessyn .(2019) Pengaruh Self Efficacy dan Pola Asuh Orang tua Demokratis Terhadap prestasi Belajar Melalui Self Regulated Learning Sebagai Mediator Pada Siswa Kelas VII SMPN 139 Jakarta .Jurnal Psikologi
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.