EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PENINGKATAN KETERAMPILAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS)

Authors

  • NENI SUHAENI NENI SUHAENI UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
  • SUNARTI SUNARTI UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning pada peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi atau higher order thinking skills peserta didik SMP Negeri 1 Jatiwangi Majalengka pada pembelajaran IPS Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan jenis quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Negeri 1 Jatiwangi Majalengka tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan data dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data pada penelitian ini digunakan pretes dan postes.Teknik analisis data dengan menggunakan pengujian perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji-t (Independent sample T-Test). Selanjutnya, untuk menguji peningkatan dilakukan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model Pembelajaran Problem Based Learning efektif digunakan pada peningkatan berpikir tingkat tinggi atau higher order thinking skills (HOTS); (2) Indikator transfer knowladge kategori tinggi, indikator berpikir kritis (critical thinking) kategori sedang, indikator pemecahan masalah (problem solving) kategori sedang.
Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran IPS. Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Pembelajaran Berbasis Masalah.
This study aims to discover the effectiveness of the problem based learning model to improve high order thinking skills for students of SMP Negeri 1 Jatiwangi Majalengka in social studies learning. The research method used in this study is quasi-experimental type. The population in this study were all students of SMP Negeri 1 Jatiwangi, Majalengka in the academic year 2019/2020. Data collection techniques using the experimental class and control class. Data collection methods in this study using pre-test and post-test. Data analysis techniques using the average difference test using Independent sample T-Test. Furthermore, to test the improvement, the n-gain test was performed. The results showed (1) the Problem Based Learning Model was effectively used in improvement of higher order thinking skills (HOTS); (2) High category of Indicators of transfer knowledge, medium category of indicators of critical thinking, medium category of indicators of problem solving.
Keyword: Problem Based Learning, Effectiveness of Social Studies Learning, Higher Order Thinking Skills

Downloads

Published

2022-03-15

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>