PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH

Authors

  • Aris Haryanto Universitas PGRI Yogyakarta
  • salamah salamah UPY

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan keaktifan siswa melalui model pembelajaran make a match pada siswa kelas IX SMP Negeri 3 Muntilan Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran make a match pada siswa kelas IX SMP Negeri 3 Muntilan Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Muntilan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX C yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa khususnya pada siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Muntilan, dibuktikan pada pra siklus siswa yang mempunyai keaktifan belajar dengan kategori minimal baik mencapai 36,67% meningkat pada siklus I 60% dan pada siklus II 83.33%. 2) Penggunaan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Muntilan, hal tersebut dapat dilihat pada ketuntasan belajar siswa, pada pra siklus siswa yang mencapai nilai KKM 12 siswa (40%), meningkat pada siklus I 15 siswa (50%) dan pada siklus II meningkat menjadi 26 siswa (86.67%).

Kata Kunci: keaktifan, prestasi belajar, model pembelajaran make a match

References

Agus Suprijono. 2011. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperative Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mohammad Jauhar. 2011. Implementasi Paikem dari Behavioristik sampai

Konstruktivistik Sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasis CTL (Contextual Teaching Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka.

Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.

Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka

Cipta.

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisitem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2020-05-30

Issue

Section

Articles