UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MEDIA TEKS BERGAMBAR BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media teks bergambar pada pelajaran IPS sebagai upaya peningkatan minat dan prestasi Belajar IPS siswa kelas V SLB.B-C Tunas Sejahtera Seyegan Sleman Yogyakarta. Subjek penelitian 4 siswa Tunagrahita Ringan kelas V. Pendekatan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini menggunakan 3 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara dengan guru dan siswa. Teknik analisa data menggunakan prosentase (kuantitatif) dan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian dapat dipaparkan sebagai berikut: dari hasil pra tindakan menunjukkan siswa belum mencapai hasil sesuai KKM yang ditetapkan, minat belajar rendah dan kegiatan pembelajaran belum menggunakan media yang sesuai sehingga prestasi rendah. Hasil setelah diadakan tindakan siklus 1). Peningkatan minat belajar siswa pada siklus 1 hanya 10% hingga 20% dari jumlah siswa secara keseluruhan, pada siklus II mengalami peningkatan berkisar 20% hingga 40% siswa dari jumlah siswa secara keseluruhan, dan pada siklus III terdapat peningkatan 40% hingga 60% siswa dari jumlah siswa secara keseluruhan; 2). Hasil observasi siklus I 75% siswa kurang dari nilai 50 (KKM), sedang siklus II naik menjadi 50% siswa kurang dari
60. Siklus ketiga 25% siswa yang kurang dari 70. 3). Ada kenaikan di siklus pertama, yaitu 20%, di siklus kedua 15% dan kenaikan di siklus ketiga 10% dari jumlah siswa secara keseluruhan. Media teks bergambar dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar IPS kelas V SLB. B-C Tunas Sejahtera Seyegan, Sleman, Yogyakarta.
Kata kunci: minat dan prestasi belajar, media teks bergambar, anak berkebutuhan khusus (Tunagrahita ringan)
References
Mumpuniarti.2007. Penanganan Anak Tunagrahita (Kajian Segi Pendidikan, social, psikologi & tindak lanjut usia dewasa. Yogyakarta FIP.UNY
Munawir Yusuf. 2007. Mengatasi Kebiasaan Buruk Anak Dalam Belajar
Melalui Modifikasi Perilaku, Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan
Muhammad Efendi., 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak berkelainan.
Malang. Bumi Aksara
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek
Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.