PENINGKATAN MOTIVASI, MINAT, DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD

Penulis

  • Sri Suraya Universitas PGRI Yogyakarta
  • Sunarti Sunarti Universitas PGRI Yogyakarta

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi, minat dan hasil belajar IPS melalui penerapkan model inkuiri terbimbing pada peserta didik kelas V SD. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research), dengan subjek penelitian peserta didik kelas V SD Negeri 1 Kebumen semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar angket, dan soal evaluasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menerapkan model inkuiri terbimbing meningkatkan motivasi, minat, dan hasil belajar IPS. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan peningkatan motivasi pra siklus ke siklus I sebesar 50%, siklus I ke siklus II sebesar 25,1 %, peningkatan minat 43,5%, peningkatan siklus I ke siklus II 25%, dan pencapaian KKM pada pra siklus sebesar 15,6%. Setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan model inkuiri terbimbing pada siklus 1, pencapaian KKM meningkat menjadi 65,6%. Demikian pula setelah dilakukan perbaikan pada tindakan siklus 2, pencapaian KKM meningkat menjadi 100%.

Kata kunci: Motivasi, Minat, dan Hasil Belajar IPS, Model Inkuiri Terbimbing

Referensi

Ades, Sanjaya. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Edisi Revisi 6. Jakarta : Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi.

Jakarta : Depdiknas.

Hill, F. Winfrend. 2010. Theories of Learning. Bandung: Nusa Media.

Kusumah, dkk. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.

Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta : Yuma.

Diterbitkan

2020-06-02

Terbitan

Bagian

Articles