PENINGKATAN KREATIVITAS, MINAT, DAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH

Penulis

  • Maryono Maryono Universitas PGRI Yogyakarta
  • SUNARTI SUNARTI Universitas PGRI Yogyakarta

Abstrak

Maryono dan Sunarti
ABSTRAK
Penelitian dengan 21 siswa kelas X Akuntansi 2 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Girisubo, Kabupaten Gunungkidul sebagai subjek penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas, minat, dan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran make a match. Prosedur penelitian dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan: 1) kreativitas belajar siswa dari 11 orang (52,38%) pada prasiklus meningkat menjadi 19 orang (90,47%) pada siklus II; 2) minat belajar siswa pada prasiklus 13 orang (61,90%) meningkat menjadi 18 orang (85,71%) pada siklus II; dan 3) hasil belajar pada prasiklus 15 orang (71.42%) meningkat menjadi 21 orang (100%) pada siklus II dengan KKM 78.
Kata kunci: model pembelajaran make a match, kreativitas, minat, dan prestasi belajar.
The research with 21 students of tenth grade Accounting 2 Senior Vocational High School 1 Girisubo, Gunungkidul as the subjects of research aims to improve creativity, interest, and IPS learning achievement through make a match learning model. The research procedure starts from planning, implementation, observation, and reflection. The techniques of collecting data are observations, quesionnaires, and tests within quantitative descriptive technique as the way of analysis data. The results of research show that the application of sociodrama method can improve: 1) students creativity which are from 11 students (53,38%) in pre-cycle, increase to 19 students (90,47%) in 2nd cycle, 2) students learning interest increase from 13 students (61,90%) in pre-cycle to 18 students (85,71%) in 2nd cycle, and 3) students learning achievement increase from 15 students (71,42%) in pre-cycle to 21 students (100%) with KKM 78.
Keyword: make a match learning model, learning interests, learning achievement.

Diterbitkan

2022-03-22

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>